Resep Membuat Pepes Ikan Salem

Resep Membuat Pepes Ikan Salem
"pepes ikan salem"
Berita Kuliner | Mampirdolo.blogspot.com - Indonesia memang dikenal dengan ragam masakannya yang enak dan lezat. Hal ini bukanlah tanpa alasan mengingat Indonesia memiliki rempah-rempah yang kaya. Tentu hal itu membuat masyarakat Indonesia gemar memasak untuk orang-orang tersayang.

Makanan yang yang satu ini juga memiliki cita rasa unik yakni pepes ikan salem. Kami akan membagikan resepnya kepada anda ini dia:


Bahan-Bahan yang di siapkan:
* 2 buah ikan salem ukuran sedang 
batang serai2 buah tomat
2 buah tomat 
2 lembar daun salam 
* Daun pisang 

Bumbu yang di siapkan:
5 siung bawang merah (haluskan atau iris tipis)
4 siung bawang putih (haluskan atau iris tipis) 
3 cm jahe (haluskan) 
3 cm lengkuas (haluskan) 
5 cm kunyit (haluskan) 
5 buah kemiri (haluskan) 
Daun kemangi (sesuai selera) 
Asam jawa (secukupnya) 
Gula merah (secukupnya) 
2 buah cabai merah besar (buang isi, iris tipis) 
Garam (secukupnya) 
Kaldu ayam bubuk (secukupnya, bila perlu)

Cara Membuat
Pertama-tama siapkan ikan dan bumbu-bumbu. Pastikan semua dalam kondisi bersih dan layak. Lalu tumis semua bumbu tersebut dengan tambahan sedikit mentega. setelah itu masukan daun salam dan batang serai jika sudah selesai baru angkat. kemudian taburkan bumbu untuk membuat pepes. Siapkan daun pisang lalu masukan bumbu di atasnya. Tambah ikan salem dan juga tomat je dalam bumbu di atas daun pisang. Ingat saat meluluri ikan usahakan semuanya benar-benar dalam kondisi menyeluruh. jika sudah, gulung daun pisang lalu panggang. Lalu tunggu sebentar sampai daun pisang layu dan tampak berwarna agak kehitaman. Segera di angkat jika pepes sudah matang.

Sekian info resep dari kami semoga bermanfaat untuk kalian semua ya temen-temen.


Share on Google Plus

About Ciho Santana

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar