Mengenal Motor Kawasaki Seri Z yang Melegenda


Berita Sport | Mampirdolo.blogspot.com - Kehadiran Kawasaki Z125 sebagai motor mungil dengan teknologi teranyar memunculkan pro dan kontra. Di satu sisi banyak pihak yang senang dengan kehadiran motor kuntet ini sebagai suksesor Kawasaki KSR 110 yang tak lagi diproduksi. Namun di sisi lain banyak yang mempertanyakan, bagaimana bisa motor mungil ini masuk pada keluarga seri "Z" yang terkenal dengan karakter sportnya.

Motor ini sepertinya merupakan jawaban Kawasaki atas kehadiran motor mungil yang diproduksi Honda belum lama ini, yakni Honda Grom, yang dipamerkan pada ajang Tokyo Motor Show 2015 yang berlangsung sejak tanggal 29 Oktober hingga akhir minggu ini, 8 November 2015.


Usai teaser video Z125 dirilis pada 27 Oktober 2015, Jalopnik menilai banyak sisi unggul dari motor ini dibanding kompetitor sejenis. Yang pasti dengan ketersediaan kopling manual, motor ini akan terasa lebih menciptakan adrenalin sporty selaras dengan desainnya.

Kawasaki menyediakan Z125 dalam dua versi, yakini Z125 dengan versi normal mendapatkan transmisi otomatis (matic) dan seri Z125 Pro dengan kelengkapan kopling manual.

Secara sepesifikasi, MCN menjabarkan kalau motor ini mengadopsi mesin 125 cc, silinder tunggal, SOHC, 2-valve, dengan pelek ban 12 inci. Spesifikasi yang cocok untuk penggunaan sebagai motor harian.

Dilepas untuk untuk pasar Amerika Serikat, motor ini dibanderol dengan harga USD2.000 (Rp26,9 juta) untuk versi otomatik dan USD2.100 untuk kopling manual, lebih murah dari Honda Grom yang harus ditebus dengan harga USD2.999 (Rp40,5 juta).



Kawasaki pasti menganggap Z125 ini sangat istimewa karena biasanya mereka hanya mengeluarkan seri Z dengan volume mesin yang lebih besar. Z200 yang dirilis pada 1977 adalah yang paling kecil dengan volume mesin 198cc.

Kami akan mengajak Anda untuk sedikit mengenal sebagian dari keluarga Kawasaki seri Z yang telah melegenda.

Seperti dipaparkan Autoevolution, pada medio 1972-1982, Kawsaki merilis keluarga ini dengan berbagai model dan karakter mesin. Mereka diantaranya Kawasaki Z1, Z400, Z650, Z750, hingga Z1000R edisi Eddie Lawson.

Z1 yang merupakan rancang bangun awal Kawasaki seri Z, dihadirkan dengan teknologi tertinggi di dunia sepeda motor. Z1 adalah motor Kawasaki produksi massal pertama yang memiliki fitur DOHC, mesin 4 silinder -- pada masa itu spesifikasi seperti Z1 hanya ada di motor balap.

Mengusung mesin 903cc, situs resmi Kawasaki mengatakan bahwa Z1 tidak hanya menjadi motor tercepat di masanya, kehandalan dan daya tahan motor ini juga mengesankan. Pasar Amerika Utara dan Eropa menjadi saksi bagaimana motor ini menjadi legenda, pun hingga saat ini.

Masuk masa produksi 1982 hingga 1986, Kawasaki mempersembahkan motor cruiser (penjelajah) mereka dengan desain yang cukup elegan. Mereka menamai keduanya dengan Voyager, yakni Kawasaki ZG 1300 dan Kawasaki ZG 1200. Seri ZG 1300 hadir dengan mesin 6 silinder yang membuat tenaganya kian membuas, sedangkan sang adik ZG 1200 cukup dibekali mesin 4 silinder.

Autoevolution juga mengatakan saat memasuki milenium baru, mulai 2003 hingga sekarang, Kawasaki seri Z menyentuh konsep sport nan futuristis. Motor seperti Z1000 hingga Z800 hadir dengan model yang menantang adrenalin. Konsep garis-garis sport yang cukup kental menjadi pedoman desain motor Kawasaki ke depannya.

Oleh karena itu para pecinta motor tentunya sadar bahwa seri Z adalah produk flagship (unggulan) Kawasaki. Setiap produk yang mengusung nama ini diciptakan dengan berbagai keistimewaan yang mengundang decak kagum pengendaranya.

Para pecinta motor, termasuk kami, sudah tidak sabar untuk mengetahui apa keistimewaan motor baru yang mungil ini sehingga Kawasaki berani menyematkan label Z kepadanya.




Share on Google Plus

About Ciho Santana

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar