Stadion Tergila dan Terunik di Dunia


Berita Sport | Mampirdolo.blogspot.com - Dalam dunia sepakbola, terdapat begitu banyak stadion sepakbola, namun hanya ada beberapa yang masuk dalam kategori stadion tergila dan terunik di dunia.

Untuk mengetahui lebih jelas, simak deretan stadion tergila dan terunik versi MAMPIRDOLO.


Allianz Arena, Jerman – Menjadi markas dari dua tim asal Munich, yakni Bayern dan TSV 1860. Dibuka pada Mei 2005, lampu LED di luar stadion ini akan berwarna merah ketika Bayern sedang bermain, dan bakal berwarna biru saat TSV yang tampil di dalamnya.


Estadi Comunal d’Andorra la Vella, Andorra – Merupakan kandang dari timnas Andorra, Estadi Comunal d’Andorra la Vella hanya mampu menampung 1.000 suporter. Terletak di pegunungan Pyrenees, stadion ini tentu bakal memberi para pemain dan penonton sebuah pemandangan indah selama pertandingan.


Bird Nest Stadium, Tiongkok – Berkapasitas 91.000, stadion bernama resmi National Stadium itu mencuri perhatian ketika diperuntukkan untuk menyambut Olimpiade 2008 di Beijing. Bentuk yang menyerupai sangkar burung menjadikan stadion ini sangat ikonik bagi masyarakat Tiongkok.


Torsvollur, Kepulauan Faroe – Menjadi kandang dari timnas Kepulauan Faroe, Torsvollur telah menyambut sejumlah tim terbaik dunia di laga kualifikasi dalam beberapa tahun terakhir. Terletak di landscape pegunungan, lapangan bermain dari stadion ini bisa terlihat dari rumah-rumah yang ada di bukit.


Olympiastadion Munich, Jerman – Meski dibangun pada 1968 hingga kini Olympiastadion Munich tetap dianggap sebagai salah satu stadion sepakbola dengan arsitektur terbaik. Terletak di taman kota Munich, stadion ini memiliki konstruksi cekung yang uniknya merupakan warisan dari bom perang dunia kedua dahulu. Selain itu atap stadion dilapisi kain aluminium yang memberi efek tansparan. Tak hanya indah, Olympiastadion Munich juga sangat bersejarah dengan jadi satu-satunya stadion yang pernah menggelar Olimpiade, final Piala Dunia, dan final Liga Champions.


Britannia Stadium, Inggris – Markas Stoke City ini terkenal dingin dan berangin. Oleh sebab itu, muncul lelucon yang lantas menjadi umum seperti ‘But can he do it on a cold rainy night in Stoke?’, yang biasanya ditujukan kepada para pesepakbola dengan skill di atas rata-rata.


La Bombonera, Argentina – La Bombonera jadi salah satu stadion paling legendaris di Argentina. Tak hanya karena jadi kandang klub kenamaan Boca Juniors, atmosfer stadion berkapastias 49 ribu ini juga sangat khas dan megah. Setiap laga dimulai kita akan disuguhi hujan kertas gulung dan kembang api. Tak hanya itu, ketika gol Boca tercipta konstruksi tribun stadion yang nyaris vertikal memberi efek fantastis, dengan ribuan penonton turun ke pembatas tribun untuk merayakan gol! Sungguh tak dianjurkan bagi Anda yang menderita penyakit vertigo.


Kantrida Stadium, Kroasia – Merupakan markas dari HNK Rijeka, sebuah tim profesional dari Kroasia. Terletak di sebelah Laut Adriatic, stadion ini dibangun dengan menggempur sebuah gunung dan membangunnya tepat di salah satu sisinya.


Signal Iduna Park, Jerman – Markas Borussia Dortmund ini terkenal dengan atmosfernya yang luar biasa sekaligus mencekam bagi lawan. Bagaimana tidak, stadion yang bernama asli Westfalenstadion ini selalu terisi penuh dengan kapasitasnya yang berjumlah 81,359 ribu penonton. Hal itu membuat Signal Iduna Park memuncaki daftar rataan jumlah penonton terbanyak Eropa musim lalu. Rata-rata penonton yang datang berjumlah 80.463 per pertandingan, dengan total kunjungan sebanyak 1,367 juta!


Marina Bay Stadium, Singapura – Ini menjadi stadion terapung terbesar di dunia, yang dipakai untuk upacara tahunan National Day Parade sejak 2007 dan Pembukaan serta Penutupan Singapore Youth Olympic Games 2010. Stadion ini dibangun dengan menancapkan enam tiang ke dasar laut dan bisa menampung 9.000 penonton, 200 ton perlengkapan panggung dan tiga kendaraan militer seberat 30 ton.





Share on Google Plus

About Ciho Santana

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar