Inilah Fakta Menarik Tentang Pemukiman Penduduk yang Suhunya Paling Dingin di Dunia

Biasanya musim dingin cuma datang setahun sekali dalam waktu beberapa bulan aja. Terus gimana kalo musim dingin datang tiap hari sepanjang tahun? Hal itulah yang terjadi di Minnesota dan North Dakota. Di sana suhu yang turun dratis jadi di bawah 0 derajat udah menjadi sesuatu yang normal. Kota yang jadi tempat tinggal bagi 500 orang itu adalah pemukiman penduduk paling dingin di dunia. Kota itu disebut Oymyakon. Selain soal suhu yang selalu dingin, ada beberapa fakta menarik lainnya nih. 

Toilet di jalanan


Dengan suhu -50 derajat, sangat sulit buat menggali pipa saluran air. Kalo kamu pengen buang air, kamu bisa ngelakuinnya di luar rumah. Di jalanan udah disediakan tempat khusus buat buang air. 

Nggak ada pembekuan ikan

Di Indonesia atau tempat lainnya, membekukan ikan biar tetap segar saat dimasak di hari berikutnya adalah hal biasa. Di Oymyakon, hal itu nggak usah dilakuin. Ikan yang jual udah beku dengan sendirinya tanpa perlu dimasukkan ke lemari es.

Selamat tinggal zona nyaman
 

Kalo kamu liburan ke Oymyakon, katakan selamat tinggal ke zona nyaman. Di sana kamu bakal lebih bisa menghargai hal-hal sederhana dalam hidup. Misalnya aja, tinta pulpen sering membeku di sana, baterai cepat habis, dan kacamata orang akan membeku di wajah kalo nekat dipakai. 

 Nggak ada mall

Kesenanganmu main dan jalan-jalan di mall harus dilupain kalo kamu ke Oymyakon. Cuma asa satu toko di kota itu dan yang dijual cuma kebutuhan pokok buat 500 orang di sana. Nggak ada yang peduli sama baju paling tren atau barang lain yang lagi hits. 

 Pemakaman adalah proses yang susah



Di Oymyakon, pemakaman hal yang sangat sulit buat dilakuin. Kadang butuh waktu 3 hari buat menggali tanah. Api terus dinyalain dan tanah digali. Hal itu dilakuian selama beberapa jam dalam beberapa hari sampai akhirnya liang lahatnya cukup buat mengubur orang.


Dilarang mematikan mesin mobil

Kerena suhu yang terlalu dingin, bahan bakar bisa membeku. Mobil nggak akan bisa nyala. Ada banyak orang yang membiarkan mobilnya tetap menyalam selama 24 jam saat suhu turun sangat rendah.  

Suasana di pagi hari
 

Berada 100 mil dari Arctic Circle, kota itu sangat dingin. Musim dingin adalah momen paling parah. Selama 21 jam dalam sehari, Oymyakon gelap dan suhu rata-ratanya mencapai -58 derajat selama musim dingin.

Nggak ada sayuran

Buat kamu yang vegetarian, nggak cocok tiggal di Oymyakon. Nggak ada sayur yang bisa tumbuh karena isinya es semua. Terus apa makanannya? Mereka semua adalah karnivora.

Gimana, tertarik buat tinggal beberapa saat di Oymyakon? Kayaknya menarik sekaligus menantang deh, guys. Kamu bakal ngerasain sensasi keluar dari zona nyaman dan aman. Eh jangan lupa siapin boot dan baju super tebal yah.




Share on Google Plus

About caki banget

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar