Resep Membuat Es Dawet di Rumah

Resep Membuat Es Dawet di Rumah
"Es Dawet"


Berita Kuliner | Mampirdolo.blogspot.com - Minuman segar dikala haus, Es dawet menjadi salah satu pilihan untuk sebagian banyak kalangan. Minuman khas yang berasal dari jawa namun dengan semakin berkembangnya zaman. Es dawet menjadi minuman segar populer di Indonesia karna rasanya yg khas. banyak kota yang menjual minuman itu seperti kota-kota terkenal Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta dan masih banyak lagi.

Es dawet memiliki kemiripan dengan es cendol, Namun minuman ini berbeda karena dulu es dawet dibuat dari tepung beras sedangkan es cendol dibuat dari tepung hunkwe tetapi sekarang keduanya sudah dibuat dengan bahan yang sama yakni dari tepung sagu meskipun tak jarang banyak orang yang menginginkan keduanya dibuat dari campuran tepung beras dan tepung hunkwe.

Di Indonesia sendri memiliki beberapa es dawet yang populer yakni dawet ayu, dawet jepara dan juga dawet ayu rumput laut. Hampir di banyak kota-kota besar keberadaan penjual es dawet tersebut sering kita jumpai. Tentu akan sangat menarik andai kita bisa membuatnya sendiri. Berikut ini adalah resep  

Dawet ayu, dawet jepara serta dawet ayu rumput laut, adalah tiga produk es dawet yang paling populer, hampir di setiap kota kita akan menemui dengan mudah penjual es dawet. Simak dengan baik resep es dawet berikut ini Membuat Es Dawet:

Bahan yang di siapkan:
* 75 gram tepung beras
* 25 gram tepung hunkue
* 20 lembar daun suji 
* Satu sendok teh garam
* 600 ml air
* 1 sdm  teh air kapur sirih
* Dan juga air matang
* 150 gram tapai ketan hijau 
* 1 liter santan 

Cara Membuat Es Dawet
- Pertama-tama campurkan tepung beras, air daun suji, tepung hunkue, garam dan 200 ml lalu aduk hingga rata. Jika sudah masukan air kapur sirih dan aduk hingga tercampur secara menyeluruh.

- Panaskan sisa air lalu tuangkan adonan tepung tadi secara perlahan-lahan sampai adonan terasa licin, Jika sudah terasa kental berarti menunjukan adonan telah matang.

- Siapkan mangkuk berisi es batu dan air matang lalu letakan cetakan cendol tepat di atas mangkuk tersebut.

- Tuangkan adonan cendol tepat diatas cetakan cendol kemudian tekan sampai adonan keluar dan membentuk serutan cendol dan jatuhkan ke mangkuk yang berisi air dibawahnya.

- Bubur sumsum: larutkan tepung beras menggunakan santal kental kemudian aduk adonan hinnga tercampur rata.

- Masukan daun pandan, santan encer dan garam di dalam panci lalu didihkan sambil terus aduk-aduk agar santan tidak pecah.

- Masukan larutan tepung beras lalu aduk lagi sampai tercampur rata, Kemudia biarkan dulu sampai beberapa saat hingga mendidih dan mengental.

- Langkah terakhir sajikan es dawet dalam gelas dengan cara mengatur semua bahan yang telah disiapkan yaitu serutan cendol dengan bubur sumsum dan siram dengan santan dan jangan lupa sirop gula kemudian masukan es batu.

Bagaimana temen-temen menyenangkan bukan andai bisa membuat minuman segar ini sendiri. Sekian info yang kami berikan untuk anda tunggu resep-resep kami berikutnya.


Share on Google Plus

About Ciho Santana

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar