Inilah Asal Mula Bento si Kotak Bekal Unik

Inilah Asal Mula Bento si Kotak Bekal Unik
"Kotak Makan Bento Unik"
Berita Kuliner | Mampirdolo.blogspot.com - Siapa yang tak kenal bento? Mungkin Anda akan langsung terbayang wadah berbentuk kotak kayu ala Jepang yang penuh dengan nasi gulung beserta lauknya. Dalam istilah bahasa Jepang, bento adalah makanan bekal berupa nasi berikut lauk-pauk dalam wadah.

Asal mula bento dimulai pada abad ke-5, saat masyarakat Jepang membawa bekal makanan yang praktis, berupa nasi putih, nasi campur sejenis gandum, dan kentang. Di periode Kamakura (1185-1333), masyarakat Jepang menemukan hoshi-ii, berupa nasi matang dan kering yang dibawa dalam tas kecil. Baru pada era Azuchi-Momoyama (1568-1600) kotak kayu berpernis diproduksi untuk wadah sajian makanan di pesta minum teh dan saat menonton bunga Sakura.

Di era Edo (1603-1868), masyarakat Jepang membawa makunouchi bento dan koshibeno yang terdiri dari onigiri dibungkus daun atau berwadah kotak bambu. Pada zaman Meiji (1868-1912), ekiben muncul dan banyak dijual di stasiun kereta api. Barulah di era Taisho (1912-1926) anak-anak membawa bento dengan kotak aluminium.


Kini tak hanya di Jepang saja, berbagai bentuk bento modern dengan mudah bisa ditemui di mana-mana. Bento modern tidak hanya dibuat menarik tapi juga sehat karena memiliki kandungan nutrisi yang dibutuhkan tubuh.Tilik saja karbohidrat yang ada di dalam nasi, lalu protein dan lemak sehat dalam ikan, daging ayam, dan daging sapi, atau tempura udang yang menggiurkan itu. Tak lupa juga serat yang ada dalam sayuran segar, selada, mentimun, tomat, irisan wortel.

Bento juga bisa dipertimbangkan sebagai makanan sehat yang dapat mencegah obesitas. Ini karena bentuk kotak bento yang bersekat-sekat, sehingga nasi dan lauk-pauk pun disajikan dalam porsi kecil yang tidak berlebihan.

Di Indonesia, bento bisa didapatkan dengan mudah di restoran yang menyajikan makanan Jepang. Serunya di Indonesia, bento terkadang hadir dengan nuansa Jepang dengan makanan yang sudah dipadukan dengan cita rasa kelezatan nusantara.


Share on Google Plus

About Ciho Santana

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar