Ini Kronologi Serangan Bom di Stade de France



Berita Menarik | Mampirdolo.blogspot.com - Kota Paris seketika menjadi kota Kelabu Jumat 13 November 2015. Serangkaian bom terjadi di paris yang mengakibatkan Lebih dari 150 orang tewas ditempat dalam serangan berdarah yang dilakukan nyaris berbarengan di enam lokasi berbeda.

Salah satunya adalah ledakan bom di sekitar Stade de France yang malam itu sedang menggelar laga persahabatan Prancis melawan Jerman. tiga bom meledak di sekitar stadion nasional Prancis malam itu.

Namun pihak keamanan setempat menyatakan hanya tiga orang tewas akibat kejadian di Stade de France dan puluhan diantaranya mengalami luka-luka. Padahal pada pertandingan tersebut total penonton mencapai 80.000 termasuk Presiden Prancis Francois Hollande.

Ini adalah Kronologi Ledakan Bom di Stade de France:

pada pukul 21.17 waktu Prancis, seluruh penonton yang memadati Stade de France ataupun yang menonton lewat layar TV dapat dengan jelas mendengar suara ledakan pertama dan kedua pada saat laga baru berjalan 17 menit.

Mereka yang berada di dalam stadion pada awalnya tak mengira suara ledakan keras itu berasal dari bom. Banyak penonton yang mengira suara bunyi tersebut adalah bunyi petasan, Meski sebenarnya suporter di Prancis selama ini dikenal hampir tak pernah menyalakan petasan saat menonton bola di Stadion.

Mendengar ledakan, tersebut pasukan pengaman presiden Prancis langsung bergerak cepat dengan mengevakuasi Hollande yang menonton di tribun. Sementara pertandingan tetap berjalan. 

Ketika babak pertama usai, penonton baru sadar jika ada bom meledak di dekat area Stade de France. Namun ternyata bom tersebut bukan satu-satunya beredara kabar masih ada bom lain, Mendenganr kabar tersebut. Penonton mulai meninggalkan stadion ketika babak kedua berlangsung. Namun tidak bisa keluar karena petugas kepolisian menutup pintu keluar untuk memastikan tidak ada bom lain yang masih belum meledak.

Hasil akhir di laga tersebutpun berakhir dengan kemenangan tim Prancis dengan skor meyakinkan 2-0 atas Jerman. Penonton makin panik saat pertandingan berakhir. Petugas keamanan akhirnya mengizinkan penonton masuk ke dalam lapangan sembari menunggu situasi aman di luar stadion.





Sambil menunggu keluar dari Stadion. Suporter Prancis beramai-ramai menyanyikan lagu nasional La Marseillaise sampai pintu keluar stadion terbuka. 

Presiden Federasi Sepakbola Prancis (FFF) Noel Le Graet kemudian membenarkan adanya serangkaian bom di sekitar Stade de France. Bahkan salah satu bom diledakkan di pintu masuk Stade de France tepatnya di Gate J.







Kekacauan yang terjadi di Stade de France membuat panitia membataljan sesi jumpa pers. Apalagi Hollande langsung menetapkan situasi ini sebagai situasi darurat nasional dan menutup sementara seluruh perbatasan di Prancis.

Kedua tim Prancis dan Jerman sangat terkejut dengan kejadian tersebut. Seluruh tim jerman bahkan harus terpaksa menginap di dalam stadion lantaran mereka lebih memilih untuk menunggu di ruang ganti semalaman mengingat situasi jalan-jalan di kota paris yang masih belum aman.

Share on Google Plus

About Ciho Santana

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar