Minyak Bekatul Mampu Turunkan Kolesterol



Mampirdolo.blogspot.com | Berita Menarik | Berita Kesehatan - Minyak dedak atau bekatul dipercaya menyimpan banyak manfaat bagi kesehatan.

Hal tersebut diungkapkan oleh American Heart Association, WHO, National Institute of Nutrition dan Indian Council of Medical Research,

Minyak yang tergolong tak jenuh tunggal dan minyak tak jenuh ganda ini baik untuk menurunkan kolesterol, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mencegah kanker, meningkatkan kesehatan kulit, mempercepat proses penurunan berat badan, meredakan gejala menopause dan melindungi jantung.

Dilansir dari Times of India, bekatul kaya akan vitamin B kompleks (B1, B2, B3, B5, dan B6), vitamin E (tocopherols dan tocotrienols), carotenoids, asam lemak esensial, dietary fiber, asam amino, g-oryzanol, polyphenols, mineral, dan phytosterols.

Kemampuan bekatul dalam menurunkan kadar kolesterol disebabkan adanya kandungan g-oryzanol dan kandungan asam lemak tidak jenuh. Sementara itu, manfaat lain dari bekatul adalah mampu menurunkan tekanan darah dan meningkatkan metabolisme glukosa.

Di beberapa negara maju, khususnya Jepang dan Amerika Serikat, kandungan asam amino yang terdapat pada bekatul telah diaplikasikan dalam bentuk produk-produk kecantikan. Produk-produk tersebut antara lain sabun mandi, pelembab, pembersih kulit dan pelembab muka. Kandungan asam amino yang terdapat pada bekatul dipercaya bermanfaat untuk memberikan perlindungan kulit.

Selain itu, bekatul juga mengandung asam ferulat (ferulic acid) yang berguna sebagai antioksidan. Asam ferulat merupakan zat yang melindungi asam lemak melawan kerusakan oksidasi yang disebabkan oleh berbagai jenis polutan, peroksida, dan radikal bebas yang disebabkan selama proses metabolisme tubuh.
Share on Google Plus

About Ciho Santana

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar