Kenapa Peminum Alkohol Biasanya Perokok


Mampirdolo.blogspot.com | Berita Menarik | Berita Kesehatan - Banyak orang yang datang ke bar terlihat asik menikmati minuman beralkohol sambil merokok. Ternyata dua kebiasaan tersebut memang saling berkaitan.

Para ilmuwan meenmukan bahwa minum alkohol akan membuat kita ingin mengonsumsi nikotin. Merokok juga bisa membuat kita tak terlalu mengantuk saat minum alkohol. Ini bisa menjelaskan mengapa para peminum biasanya juga perokok.

"Salah satu efek dari minum alkohol adalah mengantuk. Tetapi saat dikonsumsi bersamaan dengan rokok, nikotin bisa menghilangkan rasa kantuk," kata Dr.Mahesh Thakkar, ketua peneliti.

Jika seseorang menjadi perokok, ia akan lebih mungkin mengonsumsi lebih banyak alkohol, dan sebaliknya. "Keduanya saling melengkapi," katanya.

Merokok diketahui berkontribusi pada terjadinya kecanduan alkohol. Sekitar 85 persen orang dewasa di AS yang kecanduan alkohol adalah para perokok.

Studi sebelumnya menunjukkan, jika digunakan bersama-sama, rokok dan alkohol akan meningkatkan efek lebih menyenangkan. 

Hal itu terjadi karena area otak yang terkait dengan ganjaran (reward) menjadi lebih aktif. Akibatnya seseorang akan minum dan merokok lebih banyak.


Share on Google Plus

About Ciho Santana

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar