Resep Ayam Bumbu Rujak Super Lezat



Berita Kuliner | Mampirdolo.blogspot.com - Ayam merupakan salah satu bahan makanan yang bisa diolah menjadi macam-macam masakan. Ayam juga menjadi salah satu bahan makanan yang kaya akan nutrisi dan yang lebih menarik, ayam disukai anak-anak hingga orang dewasa. Mengingat begitu populernya ayam, kali ini Vemale akan memberikan salah satu resep sederhana masakan asli Indonesia dengan bahan dasar ayam. Resep tersebut adalah ayam bumbu rujak yang super lezat. Gimana cara membuatnya dan apa saja bahan untuk membuatnya? Berikut resepnya.

Bahan
- 1/2 sdm air asam jawa
- 1 ekor ayam (potong 1 bagian atau sesuai selera) 
- 2 batang serai (memarkan)
- 400 ml santan 
- Garam (secukupnya)
- Gula (secukupnya) 
- 2 lembar daun jeruk 
- Minyak goreng (secukupnya)

Bumbu 
- 1 ruas jahe (memarkan)
- 7 cabai keriting (haluskan) 
- 5 butir kemiri (sangrai, haluskan) 
- 9 siung bawang merah (haluskan) 
- 5 siung bawang putih (haluskan) 
- 3 cabai merah besar (buang isi, iris serong)

Cara Membuat
Cuci ayam hingga bersih. Jika sudah, lumuri ayam dengan garam dan air asam jawa. Diamkan kira-kira selama 20 - 30 menit hingga garam dan air asam meresap ke dalam daging ayam.
Jika sudah, tumis bumbu yang sudah dihaluskan seperti bawang merah dan putih. Ketika bawang sudah harum, masukkan cabai, kemiri, jahe dan cabai merah besar. Tumis hingga aromanya wangi. 
Masukkan daging ayam ke dalam bumbu. Tambahkan batang serai yang telah dimemarkan dan daun jeruk. 

Masak ayam hingga setengah matang dan tutup wajan untuk memasak. Jika perlu, tambahkan sedikit air daging ayam empuk. 
Selanjutnya, tambahkan santan kelapa dan sedikit garam serta gula. Masak hingga matang dan bumbu benar-benar meresap ke dalam daging ayam. Jika santan mulai mengental, tak apa, asalkan daging ayam benar-benar matang hingga ke dalam. 

Jika sudah matang, angkat lalu sajikan. Taburi dengan bawang goreng agar rasanya semakin gurih dan lezat.
Ladies, itulah resep dari ayam bumbu rujak. Bagaimana, sangat mudah bukan? Jangan lupa untuk membuat resep ini di rumah dan jangan lupa untuk menyajikannya untuk keluarga tercinta. Untuk banyak cabai yang digunakan, kamu bisa menyesuaikan dengan selera keluarga. Semoga resep ini bermanfaat ya.


Share on Google Plus

About Ciho Santana

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar