Ini Tips Mengatasi Sakit Punggung saat Duduk Terlalu Lama


Berita Kesehatan | Mampirdolo.blogspot.com - Duduk berlama-lama sambil bekerja di depan meja komputer memang tidak baik. Sakit punggung dan leher pegal sering dilkeluhkan karena kebiasaan ini. Tapi sebenarnya, ada trik agar tubuh Anda bisa tetap oke saat bekerja duduk berjam-jam.

Peregangan singkat di tempat duduk perlu Anda lakukan untuk menghindari keluhan sakit karena otot dan sendi kaku atau tersumbatnya aliran darah. Tapi, tak hanya itu saja, beberapa saran yang dilansir dari laman Zeenews, Kamis (29/10/2015), bisa Anda kerjakan.

Perhatikan postur dan posisi tubuh
Saat duduk di depan komputer, pastikan Anda sering mengubah posisi duduk Anda, terlebih saat bekerja di depan komputer. Berdirilaj dan lakukan peregangan saat Anda merasa bosan dan kelelahan. Pilih kursi yang nyaman dan bisa mendukung punggung dan melebarkan pundak, juga tepat tingginya agar Anda dapat mengistirahatkan telapak kaki di lantai.

Jangan duduk dengan kaki bersilang
Ketika dudul, coba memposisikan lutut Anda 90 derajat untuk menjagan tulang punggung Anda tetap tegak. Jangan duduk dengan menyilangkan kaki, karena itu akan menyulitkan tulang punggung Anda tetap lurus dan membuat bahu bungkuk yang akan memicu nyeri dan pegal.

Posisikan alat kerja dengan benar
Tempatkan alat kerja Anda pada posisi optimal sehingga Anda tak perlu membungkukkan kelala dan leher Anda. Jaga agar posisi layar sejajar dengan posisi mata dan berjarak setengah lengan atau lebih. Mouse juga harus dijaga agar tetap di samping keyboard.

Istirahat bila lelah
Hindari duduk berlama-lama di depan komputer. Ambil istirahat singkat setelah duduk beberapa waktu, seperti lima menit berdiri setelah satu jam duduk. Saat berdiri pun, pastikan berat badan seimbang saat berdiri.


Share on Google Plus

About Ciho Santana

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar