Ini Manfaat Mandi dengan Air Dingin



Mampirdolo.blogspot.com | Berita Menarik | Berita Kesehatan - Ketika Anda berkesempatan mengunjungi wilayah di ketinggian, jangan sia-siakan air dingin untuk mandi. Peneliti mengatakan, kebiasaan mandi dengan air dingin bisa sangat bermanfaat untuk kesehatan.

Ahli merekomendasikan mandi dengan suhu air kurang dari 15 derajat celsius. Anda bisa membiasakannya dengan menurunkan suhu air mandi Anda sedikit demi sedikit. Bila Anda mulai membiasakannya, berikut adalah beberapa keistimewaan yang akan Anda dapatkan.

Meningkatkan suasana hati

"Hidroterapi dengan air dingin dapat meningkatkan beta-endorphin dan noradrenalin dalam darah, serta tingkat noradrenalin di otak, yang pada gilirannya memiliki efek anti-depresan untuk suasana hati Anda," kata Sheenie Ambardar, MD, seorang psikiater Beverly Hills.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Medical Hypotheses menemukan bahwa mandi air dingin bersuhu 15 derajat atau kurang, dua sampai tiga menit selama periode dua minggu, dapat meningkatkan suasana hati peserta studi.

Menenangkan otot yang sakit

Seperti dilansir dari Womenshealthmag, Kamis (22/10/2015), mandi air dingin dapat membantu Anda pulih dari latihan berat dengan mengurangi rasa sakit dan peradangan, kata Henry Halse, spesialis kekuatan bersertifikat yang berbasis di Philadelphia, Amerika Serikat.

Halse menyarankan agar air dingin disiramkan langsung ke daerah yang sakit selama lima menit yang Anda bisa. "Aliran darah yang meningkat ke daerah tersebut dapat membantu memperbaiki kerusakan otot atau jaringan lain karena darah mengandung nutrisi yang mempercepat penyembuhan," katanya.

Membantu melawan stres

Air dingin yang disiramkan ke wajah akan membantu merelaksasikan tubuh karena memperlambat jantung. Studi pernah mempelajari ini untuk mengobati detak jantung yang cepat abnormal. Studi lain menemukan bahwa kebiasaan mandi dengan air dingin meningkatkan toleransi terhadap stres.


Share on Google Plus

About Ciho Santana

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar