Ini Alasan Kenapa Orang Cengeng Lebih Kuat Mental



Mampirdolo.blogspot.com | Berita Menarik | Berita Kesehatan - Ada orang yang bisa menahan masalah dengan sangat baik, menghadapi dan menyelesaikannya dengan hati lapang dan kuat. Namun ada juga orang yang terlihat lemah dan terkesan ringkih saat menghadapi masalah. Mereka biasanya akan mengekspresikan diri dengan cara  merengek, ketakutan, mengeluh dan jadi sering menangis. Orang seperti ini dinilai cengeng dan lemah.

Itulah mengapa seringkali orang akan menahan emosinya dan berpura-pura seakan semua baik-baik saja. Orang yang tegar dan berusaha kuat memang akan membuatnya lebih bisa menghadapi momen yang berat, tapi menunjukkan kesedihan dan tidak takut mengungkapkannya justru sangat baik. Jangan kira mereka yang cengeng benar-benar lemah. Seperti dikutip dari lifehack.com, orang cengeng ternyata punya mental yang kuat. Ini alasannya.

1. Mereka tidak takut mengungkapkan perasaan
Jika kamu sedang bahagia, apakah kamu bisa menyembunyikan senyuman di bibir? Jadi kenapa saat kamu sedih dan kecewa kamu justru menyembunyikannya? Menyimpan perasaan negatif di hati justru akan jadi luka yang tak kunjung sembuh. Kamu akan selalu ingat rasa sakit itu karena kamu menyimpannya.

2. Mereka tahu, akan selalu ada perasaan 'lega' setelah semuanya keluar
Seperti layaknya buang hajat, kamu juga akan merasa plong ketika kamu bisa meluapkan perasaan yang membuncah di hati, entah itu baik maupun buruk. Menangis akan menjadi cara termudah melepas stres, cemas, khawatir, takut, marah, kecewa dan frustasi yang selam ini kamu rasakan. Perasaan negatif akan keluar dan membuat tubuhmu sehat secara fisik dan mental.

3. Mereka tahu menangis akan jadi obat untuk luka hatinya
Ternyata, sebuah penelitian tentang kondisi psikologis menemukan bahwa menangis bisa merangsang otak untuk melepaskan endorfin yang berfungsi sebagai obat anti-nyeri alami. Meski memang masalah yang kamu hadapi tidak langsung selesai begitu saja setelah menangis, namun berlinang air mata benar-benar bisa jadi obat alami yang menenangkan hati. Bahkan menangis, menurut sebuah penelitian ilmiah, bisa membuang racun di dalam tubuh, meningkatkan imunitas tubuh dan membantu membunuh 90 jenis bakteri di dalam tubuh dalam waktu 5-10 menit.

4. Mereka tidak peduli dengan anggapan orang tentang dirinya
Menangis karena suatu hal bukan berarti kamu lemah. Ini adalah tanda bahwa kamu juga manusia, kamu punya perasaan dan terkadang ketika semua tak berjalan normal dan keluar batas, kamu juga bisa menangis.

5. Mereka mendorong orang di sekitarnya untuk lebih jujur terhadap diri sendiri
Saya pribadi tak suka menangis, tapi ada kalanya mata saya bengkak dan benar-benar kehabisan nafas karena terisak selama bermenit-menit lamanya. Nah, ketika kita membiarkan diri sendiri merasakan sakit itu dan tak mampu bertahan, kamu akan sadar bahwa menangis itu normal. Kamu akan jadi lebih menghargai diri sendiri dan tidak meremehkan orang yang menangis. Kamu lebih bersyukur karena kamu bisa bertahan selama ini.

Itulah kelebihan orang yang cengeng. Kamu yang selama ini tegar dan kuat di luar pun mungkin malu jika terlihat sedang menangis, tapi temanmu yang biasa "cengeng" pasti akan mengerti hal ini dan menenangkanmu dengan baik, karena mereka tahu seperti apa rasa sakit yang kamu alami hingga membuatmu menangis.


Share on Google Plus

About Ciho Santana

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar