Cara Mudah Buat Kaldu Ayam di Rumah


Berita Kuliner | Mampirdolo.blogspot.com - Untuk membuat makanan sedap, biasanya kita butuh kaldu ayam. Saat ini memang banyak produk pengganti kaldu ayam, mulai dari yang bentuk bubuk hingga balok. Tapi rasanya memang tak benar-benar sama dengan kaldu ayam murni. 

Nah, kalau ingin mendapatkan hidangan lezat dengan kaldu ayam murni, yuk coba bikin sendiri kaldu ayamnya. Caranya nggak susah kok. Ini langkah-langkah membuatnya, 

Cara Membuat Kaldu Ayam

1. Siapkan daging ayam utuh, bersihkan terlebih dahulu.

2. Rebus ayam hingga mendidih, kalau ada bagian sayap dan ceker ayam bisa ditambahkan ke dalam panci. Ambil daging ayam, sisihkan.

3. Siapkan panci sup. Masukkan potongan daging ayam, seledri, wortel, bawang putih dalam 2,5 liter air. Masak hingga air mendidih, kecilkan api lalu biarkan selama 2 jam hingga kembali mendidih.

4. Saring sup, ambil air kaldunya saja.

5. Air kaldu bisa disimpan dalam wadah tertutup rapat.

6. Air kaldu ayam bisa digunakan untuk bahan berbagai menu masakan lainnya seperti sup, soto, dan aneka sayur.
   

Setelah air kaldu mendingin, bagian lemaknya akan naik ke bagian permukaan. Kita bisa membuang bagian lemak ini bila tak menginginkannya. 

Kaldu ayam bisa disimpan di lemari pendingin atau dibekukan. Kalau dibekukan, segera gunakan saat kaldu dicairkan untuk menjaga rasa dan kualitasnya. Selamat mencoba, Ladies.
Share on Google Plus

About Ciho Santana

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar